Rabu, 05 Februari 2014

ideologi atau mabda'

ini penting!
akidah adalah : ide dasar atau pemikiran tentang alam semesta, manusia dan hidup, serta apa yang ada sebelum dan sesudah kehidupan.
 ideologi / mabda' adalah : akidah yang melahirkan peraturan. ideologi mencakup 2 bagian: Visi dan Misi
 ideologi di dunia ada 3 macam : Kapitalis, Sosialis dan Islam. (ideologi ini telah di emban oleh satu atau beberapa negara kecuali islam, islam di emban oleh individu-individu)

 Kapitalisme adalah suatu ideologi (aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan). kapitalisme tegak di atas dasar pemisahan agama dari kehidupan (sekularisme). ide ini sebagai asas, sekaligus sebagai kepemimpinan ideologis, serta keidah berpikirnya. mereka berpendapat bahwa manusia berhak membuat peraturannya sendiri. jadi mereka mempertahankan kebebasan manusia, kebebesan dalam segala hal termasuk kebebasan hak milik. kebebesan inilah yang melahirkan sistem ekonomi kapitalis. demokrasi memang dianut oleh ideologi ini karena kekuasaan ada di tangan rakyat, namun demokrasi bukanlah cirnya. karena para kapitalis (pemilik modal) lah yang menjadi penguasa sebenarnya.
kelahiran bermula saat kaisar atau raja-raja eropa dan rusia menggunakan agama sebagai alat untuk memeras dan menghisap darah rakyat. para pemuka agama dijadikan perisai untuk mencapai keinginan mereka. maka para filsuf dan cendekia memilih mengambil jalan tengah (komproomi) untuk memisahkan agama dari kehidupan. artinya, kamu silahkan beragama tapi jangan di hubung-hubungkan dengan kehidupan. atau saya juga mengakui Tuhan tapi Tuhan gak berhak ngatur hidup saya.
 [ ingat, jalan tengah... pilih ya atau gak?/ enak milih tengah-tengah wae ah. ]

 Sosialisme termasuk juga komunisme adalah ideologi (aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan) yang memandang bahwa alam semesta, manusia dan hidup adalah materi. bahwa materi asala dari segala sesuatu. Melalui perkembangan dan evolusi materi benda-benda lainnya menjadi ada. Di balik alam materi tidak ada alam lainnya (tak berawal dan tak berakhir). menurutnya, berfikir pun merupakan cerminan/ refleksi dari materi ke dalam otak. materi adalah pangkal berpikir dan pangkal dari segala sesuatu, yang berproses dan berkembang dan mewujudkan segala sesuatu. berbeda dengan kapitalisme yang individualis, sosialisme memandang masyarakat sebagai satu kesatuan yang menyeluruh, yang terdiri dari manusia dan interaksinya dengan alam. masyarakat dianggap sebagai satu kesatuan yang berkembang secara serempak, masing masing berputar mengikuti yang lain seperti sebuah roda. konsekwensinya, tidak mengenal istilah kebebasan beraqidah bagi masing-masing individu dan kebebasan ekonomi. aqidahnya ditentukan berdasarkan kemauan negara, demikian juga halnya dengan ekonomi.

 Islam sebagai ideologi memandang bahwa alam semesta, manusia dan hidup ini berasal dari Allah. dan pada akhirnya akan kembali ke Allah. meyakini bahwa Allah adalah Ada sebelum adanya segala sesuatu, Allah sebagai Pencipta dan bersifat kekal. bahwa, maunusia dii dunia ini terikat dengan perintah-perintah Allah dan larangan-larangan Allah. dengan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup manusia. Islam memangdang masyarakat dengan pandangan integral, tidak terpecah-pecah. islam memperhatikan individu sebagai bagian dari masyarakat, bukan individu yang terpisah.
 bagaimana islam menjadi suatu ideologi? karena islam sebagai aqidah aqliyah melahirkan peraturan. islam sebagai ideologi dianut oleh seluruh umat sejak kelahirannya yang dibawa oleh Nabi Muhammad. sampai sekitar abad ke 13.
 bagaimana dengan agama lain? islam sebagai ideologi melahirkan peraturan., sedangkan urusan peribadatan, ya masing-masing. islam tidak mengajarkan paksaan untuk masuk ke dalam agama islam, jadi silahkan beribadah menurut kepercayaan masing-masing, tak ada paksaan, hak-haknya akan dipenuhi dan akan mendapat perlindungan, tapi jika berzina, maka akan dikenai hukuman, jika membunuh, akan dikenai hukuman, jika mencuri akan dikenai hukuman sesuai dengan perundang-undangan islam dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar